Mutu Rumah Sakit

PERIODE JANUARI – SEPTEMBER 2019

1. Kepatuhan Identifikasi Pasien

Analisa  trend dan perbandingan  SPM:

Dari data diatas didapatkan bahwa data dari jan ke feb ada penurunan , pencapaiian mencapai target pada bulan maret dan dapat dipertahankan sampai bulan sept 2019.  Dilihat dari SPM data tersebut mencapai SPM dari  Maret – 2019.

 

2. Waktu Tunggu Pelayanan Gawat Darurat

Analisa Trend:

Pada bulan jan respon time 94,6%, bulan februari  meningkat capaian menjadi 100%, hal ini dapat dipertahankan sampai bulan sept 2019.

Analisa perbandingan dengan  SPM:

Perbandingan dengan SPM mencapai target dibulan Feb dan dapat dipertahankan setiap bulannya sampai bulan September 2019.

 

3. Waktu Tunggu Rawat Jalan

Analisa dengan trend:

Data yang didapat dibulan jan 29,47% capaian menurun pada bulan feb dgn hasil 23,49%, kemudian capaian meningkat dibulan maret dan menaik setiap bulannya sampai bulan juni .Pada bulan juli dan  Agt  ada penurunan namun masih diatas target. Pada bulan Sept  capaian meningkat dgn hasil 94,58%.

Analisa  Perbandingan dengan SPM: hasil yang tidak mencapai SPM ada pada bulan jan dan feb, kemudian di bulan maret sampai september 2019  waktu tunggu rawat jalan mencapai SPM.

 

4. Penundaan Operasi Elektif

Analisa Data dengan Trend Perbulan;

Penundaan operasi elektif dari jan ke feb ada penurunan, pada bulan maret menurun dgn hasil penundaan 2,08%. Pada bulan april hasil membaik dgn capaian 0,79%,  pada bulan mei pencapaian 0% dapat bertahan sampai bulan agustus 2019. kemudian pada bulan sept terjadi  penundaan  tidak baik diatas target dgn hasil 3,45%.

Perbandingan dengan SPM:  hasil yang didapat tidak mencapai SPM pada bulan Maret dan september sedangkan bulan jan, feb, april, mei, juni,juli dan agt mencapai SPM.

 

5. Ketepatan Jam Visite Dokter Spesialis

Analisa Trend:

Dari jan ke feb terjadi penurunan hasil 67,99%, maret terjadi perbaikan dgn capaian hasil 78,31. Kemudian pada bulan april perbaikan dgn hasil 78,31%, pada bulan mei terjadi penurunan dgn hasil 77,62%. Pada bulan Juni terjadi berbaikan dgn hasil 82,72%, terjadi penurunan dibulan juli dh hasil 75,61%. Bulan agustus ada perbaikan dgn hasil 77,04 kemudian terjadi penurunan pada bulan sept dgn hasil 76,78%.

Perbandingan dengan SPM : data yang didapat dari jan sampai mei belum mencapai SPM, kemudian pada bulan juni data didapat 82,72% dan sudah mencapai SPM. Data pada juli-agustus blm mencapai SPM.

 

6. Waktu Lapor Hasil Pemeriksaan Kritis

Analisa dgn Trend: Hasil yang didapat setiap bulannya untuk pelaporan hasil nilai kritis mencapai hasil 100%.

Perbandingan dengan SPM: Hasil yang didapat dari SPM  mencapai 100 % setiap bulannya.

7. Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional

Analisa Trend:  data yang diperoleh dr jan ke feb menurun dgn hasil 45,13%, pada bulan feb ke maret menurun dgn hasil 43,04%, kemudian dari maret ke april ada perbaikan dgn hasil 47,51%. Pada bulan Mei ada penurunan dgn hasil 45,23%, menurun lagi pada bulan juni 44,72%. Pada bulan juli ada perbaikan dgn hasil 45,13% kemudian ada perbaikan kebulan berikutnya 55,88% dan membaik lagi pada buulan agustus dgn 56,91%.

Perbandingan dgn SPM, Tidak mencapai target setiap bulannya, karena obat yang diorder tidak bisa terpenuhi seluruhnya oleh BPJS.

 

8. Kepatuhan Cuci Tangan

Analisa trend perbulan:  dari trend perbulan dari januari sampai agustus ada perbaikan dgn kenaikan data , kemudian pada bulan agt ada penurunan data 0,5%  dan menurun kembali pada bulan sept dengan hasil 68,84%.

Perbandinagn SPM:  Belum mencapai Standar SPM setiap bulannya.

 

9. Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh

Analisa dgn trend:

Dari analisa data setiap bulannya kepatuhan upy pencegahan risiko jatuh mencapai 100%.

Analisa perbandingan dgn SPM: data yang didapatkan setiap bulannya mencapai 100% (SPM Tercapai)

 

10. Kepatuhan Clinical Pathway

Analisa dgn trend perbulan:

Data yang didapati dari trend perbulannya  berfluktuatif terendah dgn capaian 77,62% pada bulan mei dan tertinggi pada bulan juli 91,5%

Analisa dgn SPM: data yang tidak mencapai SPM pada bulan Feb dan bulan Mei 2019,   bulan jan, maret, april, juni,juli,agt dan sept mencapai hasil.

 

11. Kepuasan Pasien dan Keluarga

Analisa dgn Trend: dari data yang diperoleh setiap bulannya tetap mencapai 100%.

Analisa perbandingan SPM: data yang diperoleh mencapai data SPM dari jan –Sept 2019.

 

12. Kecepatan Respon Terhadap Komplain

Analisa trend perbulan:  Dari data setiap bulannya respon terhadap komplain setiap bulannya kosisten 100%.

Analisa dengan SPM: Setiap bulannya  respon time thd komplain mencapai target SPM.

Achievements

Rumah Sakit FMC

  • Jl. Raya Bogor KM. 51, Cimandala, Sukaraja,Kab. Bogor 16710
  • customer-service@rsfmed.co.id
  • (0251) 865 2391 / Fax. 866 1605
  • (0251) 866 5000