Doctor's Search

CT-Scan 128 Slice

 

CT scan atau Computerized Tomography Scan merupakan salah satu alat pemeriksaan penunjang medis dengan menggunakan teknologi sinar X dan komputer sekaligus. Alat ini mampu mendeteksi kelainan pada tubuh manusia seperti otak, jantung, pembuluh darah secara lebih sensitif dan spesifik dibandingkan dengan rontgen.

Instalasi Radiologi Rumah Sakit FMC memiliki CT scan 128 slices yaitu generasi terbaru dari CT Scan yang berteknologi mutakhir. CT Scan 128 slices yang dimiliki Rumah Sakit FMC memiliki berbagai fitur cerdas yang mampu memberikan kualitas gambaran dari organ tubuh manusia dari berbagai sudut dengan hasil yang lebih akurat.

 

Mengapa harus CT Scan 128 slices ?

  • Radiasi yang ditimbulkan lebih kecil, sehingga akan lebih aman bagi pasien
  • Mampu mendeteksi kelainan pada organ jantung tapi juga mampu melihat aliran darah dan kondisi pembuluh darah.
  • Mampu mencitra organ yang bergerak (misalnya : jantung, otak, hati dll)
  • Pencitraan yang dihasilkan dalam bentuk 3 dimensi, sehingga gambaran lebih nyata dan sanat membantu diagnostik
  • Pemindaian yang dilakukan lebih cepat, multiple phase/pengambilan gambar sekaligus untuk seluruh tubuh (wholebody scanning). Total waktu pemeriksaan yang dibutuhkan hanya kurang dari satu menit. Yang mana bagi pasien-pasien dengan kondisi gawat (stroke, serangan jantung, dll), waktu sangatlah bermakna.
  • Mampu mendeteksi tumor dengan ukuran yang sangat kecil sekalipun.

 

Persiapan :

  1. Tidak semua pemeriksaan CT-Scan memerlukan persiapan khusus. Seperti untuk pemeriksaan kepala, pasien datang langsung ke bagian Radiologi Rumah Sakit FMC.
  2. Pada pemeriksaan CT-Scan yang menggunakan zat kontras, pasien dianjurkan untuk periksa laboratorium ureum dan creatinin dan melakukan puasa ± 3-6 jam sebelumnya, sesuai dengan jenis pemeriksaan.
  3. Pada pemeriksaan CT-Scan yang memerlukan pemeriksaan khusus, sebaiknya pasien menghubungi bagian radiologi untuk petunjuk pelaksanaan dan penjadwalan pemeriksaan.

 

Seluruh hasil laboratorium dan foto-foto sebaiknya dibawa pada saat atau sebelum pemeriksaan CT-Scan.

 

Prosedur :

  1. Pasien diminta berbaring diatas meja CT-Scan, lalu petugas mengatur posisi badan pasien agar bagian tubuh yang akan diperiksa berada pada posisi yang tepat.
  2. Pasien akan mendengar suara dari mesin CT-Scan dan meja akan bergerak selama beberapa detik sampai pemeriksaan selesai.
  3. Selama pemeriksaan, pasien berada dibawah pemantauan petugas dan dapat berkomunikasi dengan petugas.
  4. Setelah pemeriksaan selesai, pasien boleh pulang atau kembali ke ruangan bila sedang dirawat di rumah sakit. Pasien boleh makan dan minum seperti biasa, kecuali ada pemeriksaan lain atau  pantangan yang dianjurkan oleh Dokter.
  5. Setelah pemeriksaan dengan kontras, pasien sebaiknya minum air putih lebih banyak. Pasien akan mendapatkan foto hasil pemeriksaan MSCT-SCan sebagai dokumen.

 

Pada wanita hamil, pemeriksaan CT-Scan tidak boleh dilakukan pada daerah kandungan, tetapi pada daerah kepala dan leher masih dimungkinkan dengan memberikan perlindungan khusus pada perut.

 

Untuk Informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi bagian Radiologi Rumah Sakit FMC.